Selasa, 12 Desember 2017

KURANGNYA MORAL YANG BAIK PADA KEHIDUPAN REMAJA



NAMA            : ARINAL LAILATUL MAGHFIROH
NIM                : 20170703022237
MAKUL         :  AHLAK TASAWUF
PRODI             : PBS
KELAS           :  A
TUGAS UAS
KURANGNYA MORAL YANG BAIK PADA KEHIDUPAN REMAJA
Pada sata ini, kita sudah mengnal adanya perkembangan teknologi terutama adanya koneksi internet. Perkembangan koneksi internet sekarang sudah berpengaruh besar bagi setiap orang, terutama pada kehidupan para remaja, mereka cenderung akan lebih mudah mencari informasi melalui jalur koneksi internet, serta juga akan lebih mudah menyelesaikan tugas yang ia miliki.
Akan tetapi dengan adanya perkembangan teknologi semacam ini, juga berdampak buruk terhadap perkembangan para remaja, terutama masalah moral. Kurangnya sikap moral terhadap perkembangan kehidupan remaja sangat menurun. Oleh karena itu, banyak remaja sekarang mengisi waktu luangnya dengan berhubungan dengan koneksi internet, sehingga tidak ada waktu kosong untuk berkumpul dengan keluarga.
Banyak remaja sekarang jika memerlukan sesuatu atau mencari informasi yang mereka tidak ketahui mereka langsung saja menghubungkan diri dengan koneksi internet. Dan juga media elektronik juga mulai telibat arus globalisasi seperti bacaan dan tontonan di film-film atau di tv yang kita saksikan setiap hari tak lain hanya kurangnya moral yang baik, kurangnya sopan santun dan etika.
Remaja saat ini sangat mengikuti alur kekinian  atau sering dikatakan ANAK KIDS JAMAN NOW yaitu dengan sikap mereka yang cenderung tampil kekinian, seperti berpakain yang cenderung terbuka dan  ketat yang menampakkan bentuk tubuhnya. Nilai moral yang baik sangat berpengaruh pada anak remaja dimulai dari lingkungan keluarganya. Jika keluarganya tersebut baik maka kemungkinan besar kepada anaknya kebanyakan ikut baik, begitupun sebaliknya, jika keluarganya tidak baik maka anaknya tidak baik.
Kurangnya moral pada kehidupan remaja saat ini juga terjadi pada faktor berteman. Ketika kita berteman dengan seorang yang bisa membawa kita pada kebaikan, maka kita harus ikut berteman, tapi jika teman kita tidak baik kita tidak usah berteman,maksudnya harus kita tau membedakan mana yang akan mengajak kita kepada kejelekan, dan mana yang akan mengajak kita kepada keburukan. Bukan semestinya harus menghindar akan tetapi kita harus jaga jarak atau jangan terlalu akrab pada orang tersebut.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa kurangnya modal yang baik yaitu terdapat beberapa faktor diantaranya : faktor globalisasi, faktor lingkungan, dan faktor berteman. Maka dari itu kita semestinya bisa membedakan yang baik dan yang buruk. Karena moral adalah hal yang paling utama dalam kepribadian kita. Jika kita tidak mempunyai moral yang baik, maka kita juga yang rugi, karena seseorang menilai kita dari cara bagaimana kita ber etika, bertingkah laku yang sopan dan santun., bukan bagaimana kita mengumbar-ngumbarkan kejelekan kita sendiri kepada orang-orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar