Selasa, 12 Desember 2017

Pengaruh teknologi terhadap akhlak seseorang




Pengaruh teknologi  terhadap akhlak seseorang .
Pada zaman yang modern banyak masyarakat menggunakan teknologi sebagai kebutuhan kelangsuangan hidup. Teknologi tidak hanya digunakan oleh remaja ataupun orang dewasa melainkan anak berusia dibawah lima tahun sudah dapat menggunakan teknologi. Teknologi merupakan sarana yang diperlukan untuk kelangsungan hidup dan kenyamanan manusia. Teknologi sudah dikenal masyarakat sejak dulu tetapi dengan perkembangan zaman (tahun ke tahun) perkembangan tekhnolgi semakin canggih dengan munculnya facebook dan media sosial yang lain. Banyaknya pengguna media sosial membuat masyarakat dengan mudah berkomunikasi dan untuk mempermudah pekerjaan seseorang. Tetapi ada juga masyarakat yang salah menggunakan media sosial, seperti melanggar etika dan moral.
Dengan perkembangan zaman banyak masyarakat modern yang tidak sesuai dengan cara beretika yang baik. contohnya dalam berpakaian, seorang wanita yang berhijab masih menggunakan pakaian yang memperlihatkan bentuk tubuhnya, adapun beberapa wanita berhijab masih terlihatkan rambutnya. Sebagian masyarakat menggunakan hijab hanya sebagai penutup kepala bukan untuk istiqomah kepada Allah SWT, terkadang seseorang menggunakan hijab hanya untuk dijadikan perantara untuk menutupi suatu perbuatannya yang tidak baik atau tercela. Serta banyak pula masyarakat(khususnya wanita) memanfaatkan tekhnologi dengan mengaakses foto-fotonya ke media sosialyang tidak sesuai dengan etika dan moral yang berlaku.
Menurut syariat islam cara berpakaian yang baik bagi wanita menutupi seluruh badannya kecuali muka dan dua telapak tangan dibagian atas dan bagian bawahnya. Dalil mazhab ini adalah firman Allah SWT “janganlah orang-orang perempuan menampakkan perhiasannya, melainkan apa yang biasa tampak dari padanya” QS. An Nur : 31. Hadist nabi mengatakan “Rasulullah melarang wanita yang sedang ihro memakai qofas(sarung tangan) dan noqop (tutup muka)” (HR Bukhari) . Sedangkan laki-laki menutupi auratnya dari pusar dan lutut berdasarkan riwayat Aisyah dan Rasulullah bersabdah “aurat lai-laki ialah antara pusar sampai lutut ”(HR. Ad Daruquthni dan Al Baihaqi, lihat fiqih islam, Sulaiman Rasyid)
Dari hal tersebut tentunya teknologi berpengaruh terhadap akhlak seseorang. Jika ditinjau dari segi pembentukan akhlak dari luar atau lingkungan, tekhnologi dapat membentuk etika dan moral yang kurang baik bagi yang salah menggunakanya. Tetapi jika sebaliknya teknologi dapat membentuk suatu etika dan moral berupa akhlak yang baik dengan memanfaatkan tekhnologi sebagai hal yang positif. Contohnya: banyak orang menggunakan media sosial seperti instagram sebagai tempat berdakwah berupa suatu gambar atau tulisan .
Dengan demikian untuk membentuk akhlak yang baik , selain akhlak berasal dari diri kita sendiri juga bisa dari lingkungan sekitar, sebaiknya para orang tua lebih berperan aktif terhadap perkembangan anak tentunya dengan mengajarkan suatu hal yang baik menurut syariat islam. Terutama untuk anak dibawah usia lima tahun disarankan tidak menggunakan tekhnologi berupa handphone agar anak tersebut tidak terlalu ketergantungan dengan tekhnologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar