Selasa, 12 Desember 2017

Problematika Akhlak Pada Zaman Sekarang



Nama               : Sulfatul Isniati
Nim                 : 20170703022208
Kelas/Smtr      : PBS-A/1

Problematika Akhlak Pada Zaman Sekarang
        Problematika adalah suatu permasalahan yang terjadi dalam kehidupan.  Sedangkan akhlak adalah suatu perbuatan yang ada dalam diri manusia yang dapat menimbulkan perbuatan baik dan buruk.  Jadi dapat disimpulkan bahwa problematika akhlak adalah suatu permasalan yang terjadi akibat perbuatan manusia.
        Pada zaman sekarang ini seperti yang kita ketahui tekhnologi sudah semakin canggih. Semua orang bisa mendapatkan informasi lebih mudah. Tapi sayang, tidak semua orang memanfaatkan tekhnologi dengan baik. Sehingga banyak menimbulkan berbagai permasalahan akibat tekhnologi. Permasalahan tidak hanya disebabkan karena kecanggihan tekhnologi melainkan juga karena tidak adanya rasa kemanusiaan antar sesama.
       Berikut contoh problematika akhlak yang ada di zaman sekarang, diantaranya:
1.      Penipuan
Pada masa sekarang ini sudah banyak terjadi masalah penipuan. Bahkan penipuanpun sudah merajalela akibat perkembangan tekhnologi. penipuan dengan penggunaan tekhnologi yaitu seperti jual beli online. Penjual menawarkan barang-barang dengan harga murah sehingga membuat pembeli yang awalnya tidak berminat menjadi tertarik untuk membelinya. Sehingga terjadi komunikasi antara penjual dan pembeli. Penjual akhirnya mengirim nomor rekeningnya ke pembeli sehingga pembeli mentransfer dengan jumlah yang sesuai dengan pesanan.  Tapi setelah ditunggu barang tidak kunjung datang.
2.   Pembunuhan
      Pembunuhan kini semakin marak terjadi. Dengan gampangnya seseorang membunuh antar sesamanya. Pembunuhan yang terjadi saa ini sungguh memprihatinkan. Padahal pembunuhan yang terjadi karena adanya masalah tidak seharusnya terjadi. Karena semua masalah bisa diatasi secara baik-baik. Dalam islampun membunuh seseorang itu dosa besar. Tapi karena tidak adanya rasa kemanusiaan sehingga bisa menimbulkan pembunuhan itu terjadi.
3.   Korupsi
Korupsi sudah banyak dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Korupsi sama halnya memakan uang Negara. Orang-orang yang melakukan korupsi cenderung mengabaikan tugas dan wewenangnya. Korupsi terjadi akibat ketidakpuasan atas apa yang dimilikinya dan bisa dikatakan tidak mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah.
Problematika akhlak ini seharusnya tidak terjadi, tapi karena perbuatan manusia yang tidak pernah berfikir secara rasional akhirnya masalah ini terjadi. Perkembangan zaman sudah membuat manusia lalai akan tanggung jawabnya di dunia. Kebanyakan manusia hanya mementingkan kesenangan dunia daripada kesenangan akhiratnya kelak. Dengan perkembangan tekhnologi juga bisa membuat manusia hilang arah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar