Selasa, 12 Desember 2017

DERITA MEMELIHARA KESOMBONGAN



Nama   : Nurcahya Febriyanti Saputro
Prodi   : Perbankan Syariah
Kelas   : PBS A
DERITA MEMELIHARA KESOMBONGAN
Sombong adalah salah satu sikap yang menganggap dirinya lebih baik, lebih sempurna, dan lebih segalanya dari orang lain. Sombong merupakan salah satu sifat penyakit hati yang tidak Allah sukai. Dimana yang terdapat dalam surat Al-Isra’ ayat 37 yang artinya “ janganlah kamu berjalan dimuka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu berkali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” Kesombongan dapat membawa kita ketempat yang sangat tinggi, namun pada saat yang bersamaan kesombongan sedang membawa diri kita meluncur sangat keras tanpa kita sadari.
Ketika manusia di dalam hidupnya memiliki kelebihan yang ia bangga-banggakan, maka apa yang ia bangga-banggakan itu akan menjadi beban mental bagi dirinya sendiri. Karena seseorang yang membangga-banggakan dirinya dengan apa yang dimilikinya, orang tersebut akan merasa dituntut oleh dirinya sendiri untuk tampil sebagaimana gambaran yang telah dibangga-banggakannya, dan orang tersebut akan merasa ketakutkan jika harus berpenampilan lain dari yang ia bayangkan.
Ada beberapa sebab sebab manusia memiliki sifat sombong, antara lain :
  1. Ilmu, dengan ilmu terkadang seseorang bisa menyombongkan dirinya karena ia merasa pintar, merasa hanya dirinya yang palin tahu, dan merasa paling paham dari orang lain.
  2. Beramal, dengan beramal manusia bisa merasa amal yang dilaksankannya begitu banyak dan berharga. Kemudian ia menganggap orang lain tidak bisa mengamalkan seperti yang ia lakukan..
  3. Kekayaan, dengan kekayaan manusia bisa menjadi sombong, misalnya memamerkan hartanya kepada orang lain.
  4. Kedudukan, dengan kedudukan ia akan merasa dirinya yang paling tinggi dan berkuasa.
Seseorang yang menyombongkan kecerdasannya ia akan merasa dituntut untuk selalu nampak pintar dan ia akan terbebani oleh perasaan takut jika ada seseorang yang lebih pintar dari dirinya. Demikian pula seseorang yang menyombonkan diri dengan kekayaannya maka ia merasa ketakutan akan jatuh miskin dan membayankan akan hilang apa yang telah digenggamnya. Lalu, seseorang yang menyombongkan akan kedudukannya, maka ia akan merasa takut kedudukannya di rampas oleh orang lain.
Seseorang yang memiliki sifat sombong bisa menjadi perisai penghalang hidayah dari Allah. Dan kesombongan bisa membuat seseorang untuk meremehkan orang lain dan mengabaikannya
Maka dari itu bersikaplah rendah hati, karena dengan adanya sifat rendah hati hidup kita akan damai dan bahagia. Dengan rendah hati seseorang akan cenderung berkehidupan dengan apa adanya tanpa harus merasa terbebani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar