Selasa, 12 Desember 2017

FAKTOR PENDIDIKAN TERHADAP TASAWUF



NAMA           : MUSARROFAH
KELAS          : PBS-A

FAKTOR PENDIDIKAN TERHADAP TASAWUF
Pengaruh lingkungan terhadap tasawuf yaitu suatu lingkungan yang mempengaruhi akhlak seseorang dimana akhlak seseorang yang dibina melalui pendidikan. yang mana tanpa pendidikan seseorang tidak akan tahu tentang ilmu. Dari pembinaan dan pembentukan akhlak pendidikan  akan terbentuk dengan baik. Dan akan terbentuk semaksimal mungkin. Suatu ustadzah maupun saudara yang lebih tua dari kita. Melalui pendidikan kita bisa melaksanakan suatu pembeajaran oleh seorang guru. dan dalam proses pembelajaran kita harus memperhatikan secara sungguh-sungguh dan seksama. Apabila ingin mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Karena apabila kita sudah mendapatkan ilmu yang bermanfaat maka kita juga akan mendapatkan akhlak yang baik. Karena tasawuf  merupakan sesuatu yang bisa menjauhi semua larangan Allah dan mendekati apa yang diperintah Allah. Maka dari itu kita wajib mengetahui mana akhlak yang baik dan mana akhlak yang buruk. Dalam suatu pendidikan islam pendidikan akan menumbuhkan semangat belajar anak didik bangsa supaya mencapai kedewasaaannya. Ilmu juga akan memberikan suatu pengetahuan dan pemahaman terhadap apa yang dipelajarinya agar bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
Rasulullah SAW telah banyak memberikan contoh perbuatan akhlak yang terpuji yang patut kita contoh. Karena apabila kita sudah berperilaku baik terhadap orang lain maka seseorang pasti dengan semangat mencari ilmu yang bermanfaat dan bisa memberikan barokah terhadap diri sendiri. Ada juga pepatah yang mengatakan “KEJARLAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CINA”. Maka dari itu kita tidak boleh bosan dengan mencari ilmu dan mengejar pendidikan sampai dimanapun ilmu itu berada. Dan kita tidak boleh menyerah dan putus asa dengan yang namanya belajar belajar dan belajar. Karena tanpa belajar seseorang  tidak akan mampu untuk menjadi orang yang sukses. Karena untuk menjadi orang yang sukses dan membanggakan kedua orang tua itu butuh proses yang sangat panjang dengan melalui pendidikan atau mencari ilmu dan belajar.
Tidak lupa pula dengan akhlak yang baik kita harus berdoa,bertawakkal dan berusaha meminta pertolongan kepada Allah SWT. Karena apa yang akan terjadi kelak nanti juga diberikan oleh Allah yang telah mendengarkan doa kita. Dan juga doa orang tua. Maka dari itu wajib kita miliki akhlak yang terpuji dan jangan pernah memiliki akhlak yang tercela. Dan tak lupa pula suatu usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Gambaran diatas dapat dijadikan suatu pelajaran pada saat ini yaitu bagaimana caranya kita berjuang dan saling bersaing dengan baik untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan bisa melaksanakan perintah dan tuturan Allah dalam keseharian kita. Orang tua kita tidak pernah mengeluh yang sudah merawat kita sejak kecil sampai saat ini yang telah membiayai kita maka dari itu kita sebagai seorang anak tidak boleh patah semangat untuk mencari ilmu dan mengejar pendidikan. Karena bagaimanapun juga yang namanya pendidikan sangat dibutuhkan bagi setiap anak dan juga buat semua orang. Karena tidak ada orang tua yang mau melihat anaknya terlihat bodoh dimana mana  orang tua hanya mau melihat anaknya sukses. Maka dari itu tirulah perilaku seseorang itu baik. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar