Selasa, 12 Desember 2017

Pengaruh Terbangunnya Suramadu Terhadap Tasawuf emaja di madura



NAMA           :ANDRE LASMANA
PRODI           :PBS
KELAS          : A

         Pengaruh Terbangunnya Suramadu Terhadap Tasawuf emaja di madura
Tasawuf  yaitu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dengan cara memperbaiki diri serta menyucikan diri agar bisa mendapatkan kebahagiaan diakhirat. Sebagai umat islam kita harus memiliki akhlak yang baik dengan cara mencontoh  junjungan kita nabi Muhammad SAW. hendaknya kita mencontoh perilaku, sifat dan tingkah laku beliau dalam kehidupan sehari hari.
Perkembangan tekhnologi dan informasi menyebabkan akhlak manusia semakin menipis, banyak dikalangan remaja hanya mencari kebahagian dunia semata. Terbangunnya jembatan suramadu banyak menyebabkan menipisnya akhlak remaja yang dulunya remaja di madura terkenal dengan sopan santun dan tingkah lakunya yang baik sekarang sudah sedikit demi sedikit akhlaknya pun luntur. Banyak hal negatif yang disebabkan oleh terbangunnya suramadu terhadap ahklak remaja pada sekarang ini. pengaruh dari luar secara cepat masuk kemadura melalui jembatan suramadu tersebut,  sehingga banyak remaja menirukan hal-hal yang tidak baik.
Pengaruh dari terbangunnya suramadu terhadap tingkah laku, pola pikir dan akhlak remaja dimadura.
1.      Gaya hidup
Tekhnologi semakin berkembang, terbangunnya suramadu banyak memberi dampak negatif terhadap  akhlak dan gaya hidup remaja- remaja sekarang. Dulu remaja madura banyak yang pemalu, menjaga etika dan moral, lain halnya pada saat sekarang ini banyak remaja yang sudah mengabaikan etika dan moral serta sopan santun. Etika berpakaian pun berbeda sebelum terbangunnya suramadu yang saat itu cara berpenampilan yang tidak berlebih-lebihan. Setelah terbangunnya suramadu penampilannya berbeda banyak anak laki-laki menggunakan anting katanya sih agar keren, cara berpakaian khususnya perempuan sudah terbuka yang tidak pantas di pakai didepan umum malahan digunakan agar bisa lebih menarik dilihat.
2.      Tingkah laku
Tingkah laku anak sekarang sangat berbeda sebelum terbangunnya suramadu yang saat itu remaja madura menjaga sopan santunnya terhadap orang yang lebih tua, tapi lain halnya pada sekarang ini banyak remaja yang sudah melupakan sopan santun, tutur bicara dengan orang yang lebih tua.
Seiring masuknya budaya dari luar banyak remaja yang mabuk-mabukan, narkoba,dugem, serta menghambur  hamburkan uangnya untuk mendapatkan kesenangan, mereka tidak memikirkan tentang akhlak yang baik dan sopan santun yang baik.
Meskipun tidak semua remaja memiliki tingkah laku tersebut tapi itulah dampak negatif yang disebabkan oleh terbangunnya suramadu terhadap akhlak dan tingkah laku remaja-remaja pada sekarang ini. Setelah dilihat dari dampak terbangunnya suramadu marilah kita menjaga akhlak dan sopan santun kita serta memperkokoh tasawuf karena hal tersebut  sangatlah penting untuk diri kita agar menjadi hamba yang dicintai oleh Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar