Selasa, 12 Desember 2017

PENTINGNYA TASAWUF DALAM MODERNISASI



Nama: Rizkiyatul hidayati
Kelas: PBS A

PENTINGNYA TASAWUF DALAM MODERNISASI
Tasawuf merupakan sebuah ilmu pengetahuan untu mengetahui bagaimana cara menyucikan jiwa,menjernihkan akhlak,membangun dhahir dan batin serta untuk memperoleh kebahagiaan yang abadi. Bahkan dalam bidang akhlak,etika dan moral sudah diajarkan sejak dini oleh sebagian masyarakat khususnya d ipulau madura secara praktek bai dilingkungan maupun keluarga.
Dilingkungan pesantren khususnya dibidang pendidikan juga menjadi prioritas yang diterapan dalam keseharian para santri bagaimana mereka mempunyai akhlak dan moral yang baik,baik secara perkataan maupun perbuatan. Ini merupakan sebuah upaya untuk bagaimana mereka mempunyai jiwa dan hati yang suci dan bisa selalu mendekatkan diri pada Allah SWT. Karena bagaimanapun kesucian hati dan pikiran adalah kunci dan sumber dari perbuatan seseorang dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan bernegara sehingga keberadaannya bisa dirasa membawa manfaat bagi orang di sekelilingnya.
Akan tetapi meskipun tasawuf sudah diajarkan sejak dini,sejak dibangku sekolah dasar hingga perguruan tinggi baik secara praktek maupun teori,tantangan zaman selalu ada khususnya di bidang tasawuf.
Di zaman modernisasi sekarang,dimana kemajuan teknologi mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat,khususnya terhadap mental dan moral generasi bangsa. Dimana dekadensi moral sudah terjadi dimana-mana,generasi kita sudah tidak lagi santun dalam perkataan dan sudah mulai tidak baik etikanya secara perbuatan,sudah menjadi rahasia umum bahwa kepesatan teknologi menjadi pintu masuk budaya luar dan berusaha menggantikan budaya tradisional yang menjadi identitas masyarakat kita,ketaatan terhadap agama secara ibadah semakin hari semakin menurun dengan beberapa contoh generasi kita banyak yang melupakan shalatnya. Ini merupakan sebuah bukti pengaruh modernisasi berdampak pada modernisasi kita. Generasi kita lebih menyukai hura-hura,berkumpul dijalanan dari pada ngumpul di masjid,lebih banya pegang handphone dari pada al-Quran ini merupakan beberapa potret kehidupan generasi kita.
Maka dari itu, ilmu tasawuf yang mempunyai kajian dalam memperbaiki akhlak,dan menyucikan jiwa harus bisa diterapkan oleh para generasi bangsa setidaknya untuk menyeimbangi kemajuan teknologi. Sehingga kemajuan teknologi ini tidak mengubah identitas budaya kita,tidak merusak moral dan akhlak generasi kita.
Penerapan ilmu tasawuf sangat penting pada zaman saat ini, setelah melihat kenyataan bahwa kita sedang dilanda dekadensi moral yang tinggi, sehingga penerapan ilmu tasawuf di berbagai aspek kehidupan bisa memperbaiki mental, akhlak dan kesucian hati kita baik hubungan individu maupun kepada Allah SWT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar