Selasa, 12 Desember 2017

Santri Jaman Now



NAMA          : SAHLATUN MUYESSAROH
KELAS         : PBS-A

Santri Jaman Now
Al-Ghazali adalah tokoh sufi yang nama lengkapnya adalah Muhammad bin Muhammad bin Ahmad Al-Imam Al-Jahl, Abu Ahmid Ath Thusi Al-Ghazali. Beliau lahir di Thusia pada tahun 450-505 H (1058-1111M.). Al-Ghazali berhasil membela kemurnian islam dari dua serangan:
1.      Serangan dari dunia filsafat yang menjadikan ilmu tentang ketuhanan berupa pengetahuan ahli semata-mata yang membingungkan umat islam.
2.      Mengembalikan tasawuf sesuai dengan syariat islam yang sebelumnya telah keterlaluan dan membahayakan amal syariat islam. Perhatian al-ghazali banyak dicurahkan di bidang akhlak sopan santun yang tercakup dalam kitab ihya’ ulumiddin, yang isinya terbagi menjadi 4 jilid:
1)        Bagian ibadah: tentang rahasia beribadah.
2)        Bagian adab: tentang sopan santun.
3)        Bagian kejahatan: tentang penyakit-penyakit dan keburukan dunia serta cara membersihkan hati.
4)        Bagian pujian: tentang syukur dan cinta.
Santri adalah seseorang yang sedang menimba ilmu agama islam dalam kurun waktu tertentu, dengan cara menetap di pondok pesantren. Pengertian santri menurut kamus besar bahasa indonesia adalah orang yang mendalami agama islam. Biasanya di dalam pondok pesantren para santri mengikuti kegiatan-kegiatan yang telah di tentukan oleh yayasan, bahkan kegiatan-kegiatan tersebut menjadi hal yang wajib bagi santri untuk dilaksanakan. Adapun kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan di dalam pondok pesantren yakni sebagai berikut:
a)      mengikuti kegiatan sholat berjema'ah sesuai dengan apa yang telah ditentukan.
b)      Mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) sesuai dengan apa yang telah di tetapkan.
c)      Sarapan dan makan bersama dengan waktu dan ketentuan yang telah di tetapkan.
d)     Berpartisipasi dalam acara yang telah di adakan oleh pondok pesantren.
Pada zaman modern ini banyak sekali santri yang kurang sadar akan perilaku yang telah ia lakukan. Dilihat dari kehidupan sehari-harinya sangatlah berbeda dengan santri zaman dulu. Yang membedakan antara santri zaman dulu dengan santri yang sekarang adalah akhlak yang dimilikinya. Adapun akhlak yang dimiliki oleh santri zaman dulu yakni tawadu’, patuh terhadap gurunya dan lain sebagainya. Sedangkan akhlak yang dimiliki oleh santri yang saat ini yakni sombong, merendahkan orang lain, dan tidak patuh terhadap perintah gurunya.
Inilah santri yang kurang sadar akan apa yang telah ia miliki, selalu membanggakan diri sendiri, merasa dirinya yang selalu benar, menganggap semua hal itu sepele, menunda-nunda waktu, dan sebagainya. Karna itulah kenapa santri zaman sekarang di anggap tak bermoral lagi, karna banyaknya perilaku tecela yang tertanam di dalam dirinya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar