Selasa, 12 Desember 2017

Rendahnya Akhlak dan Moral Remaja



“Rendahnya Akhlak dan Moral Remaja”
Moral dan akhlak remaja sekarang sudah sangat rendah dan seiring dengan perkembangan zaman semakin merosot. Faktor utamanya Modernisasi dan Globalisasi, kedua hal tersebut sangat memengaruhi remaja, apalagi yang dinamkan remaja masih dalam pencarian jati diri jadi belum menemukan suatu pedoman yang kokoh masih dalam keadaan rapuh sehingga dengan mudah hanyut dalam arus Modernisasi dan Globalisasi, sehingga mereka cenderung lebih meniru gaya modern dan parahnya lagi tingkah atau akhlak mereka juga di pengaruhi Modernisasi sama Globalisasi tersebut.
Mereka cenderung mengagung-agungkan budaya Barat di bandingkan budaya asli indonesia yang sebenarnya sangat unik dan beragam. Bukan hanya mengaagung-agungkan budaya barat saja tapi teknologi global pun juga ikut mempengaruhi krisis moral pada remaja, remaja di indonesia telah banyak mengikuti tren luar negeri padahal akhlak orang luar itu telah jelas buruk. Kebudayaan sama halnya dengan spesies-spesies, mengalami seleksi berdasarkan adaptasinya terhadap lingkungan, yakni : sejauh mana kebudayaan itu membantu anggota-anggotanya untuk survive dan memelihara kebudayaan itu sendiri.
Remaja adalah fase dimana seseorang berada di fase peralihan antara masa anak-anak dan masa dewasa. Pada masa ini seseorang dalam keadaan labil karena pada masa inilah fase dimana seseorang mulai keluar dari fase anak-anak menuju fase dewasa. Ketika kita mendengar kata remaja timbul di benak kita sebuah pikiran negatif seakan-akan remaja itu identik dengan sebuah pelanggaran. Memang ada beberapa faktor yang menyebabkan sebuah perilaku menyimpang baik dari segi akhlak ataupun moral. Faktor utama dari hal tersebut adalah lingkungan karena hal yang paling penting untuk membangun sebuah pertumbuhan termasuk pertumbuhan remaja itu adalah lingkungan, dan seorang remaja sangat gampang beradaptasi dengan lingkungan, sehingga ketika lingkungan terkontaminasi dengan sebuah tindakan yang di luar ranah kebaikan secara otomatis itu mempengaruhi kehidupan terutama kehidupan remaja yang masih labil, sehingga akhlak dan moral mereka juga mengikuti lingkungannya.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar