Selasa, 12 Desember 2017

Problimatika Menipisnya Moral Remaja



Nama              : Wina Qonita Jamil
NIM                : 20170703022223
Kelas               : Pbs A
Problimatika Menipisnya Moral Remaja
Secara Bahasa moral berasal dari kata mores (latin) yang berarti adat kebiasaan, secara Istilah bermakna sebagai batasan aktifitas manusia dengan memberi nilai baik atau buruk, benar atau salah. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia istilah moral artinya adalah susila.
Pada zaman modern ini, menipisnya moral di kalangan remaja sudah menjadi hal yang wajar, mengingat perkambangan yang sangat siknifikan dan juga adanya media sosial yang sangat berperan bagi remaja zaman sekarang.
Remaja pada zaman dulu biasanya sangat menjaga moral kepada orang tua terutama , sopan santun dan lain-lain.meraka sangat menghargai satu sama lain, sedangakan remaja jaman sekarang kebanyakan tidak lagi mengedepankan sopan santun tidak lagi saling menghargai satu sama lain, mereka enggan peduli terhadap sesama, kurang kesadaran dalam diri mereka  adalah penyebabnya, mereka hanya peduli dengan dirinya sendiri dan lebih mengedepankan ego.
Sekarang ini kita para remaja dihadapkan dengan masalah media sosial yang kian merajalela, disana banyak konten-konten yang tidak pantas dipertontonkan namun dapat diakses secara bebas oleh semua orang maupun kalangan entah dari kalangan orang dewasa, remaja sampai anak-anak. Hal ini harusnya bisa ditinjau kembali oleh pengelola media sosial tersebut.
Penyebab terkikisnya moral remaja pada masa ini cukup banyak namun yang lebih Nampak adalah adanya media sosial, kurangnya ilmu pemngetahuan dibidang agama, kurangnya kesadaran diri terhadap lingkungan sekitar dan rasa selalu ingin seang-senang dan berfoya-foya. Untuk mengatasi penyimpangan moral tersebut, harus ada kesadaran diri terhadap moral pribadi masing-masing.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merubah moral yang telah terkikis adalah
1.        Mempunyai rasa keharusan untuk melakukan perbuatan yang lebih bermoral yang lahir dari hati nurani
2.        Mempunyai jiwa yang rasional, befikir logis
3.        Meningkatkan kesadaran diri dan lebih peduli terhadap sesama
4.        Patuh kepada orang tua
Jadi kalangan remaja itu harus di jaga dengan baik supaya tidak sampai terjerumus dengan hal yang negatif. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar